MOTIVASI

"ngk oleh sambat" hidup jalani apa adanya terus berusaha, kerja keras dan pantang putus asa.

Cari Blog Ini

Sabtu, 19 Desember 2015

Contoh Analisis Buku Fiqh MTS kelas 7



ANALISIS SILABI DAN ISI MATERI FIQIH
SEKOLAH MENENGAH PERTAMA/MTs MUHAMMADIYAH
KELAS VII SEMESTER GENAP

Disusun Guna Memenuhi Mata Kuliah Analisis Materi Fiqih
 Dosen Pengampu : Ghoffar Ismail, S. Ag., M. A.


 









Disusun Oleh :
1.     REJCHAN HANAFI     (20130720022)
2.     AHLUN NAJA              (20130720034)

Kelas A Semester V
Pendidikan Agama Islam
Fakultas Agama Islam
Universitas Muhammadiyah Yogyakarta



A.    Pendahuluan

Pendidikan Ibadah/Mu’amalah merupakan bagian dari mata pelajaran Pendidikan Al- Islam. Di dalam kurikulum, pendidikan kepribadian di Sekolah/Madrasah Muhammadiyah dituangkan dalam pendidikan Al-Islam yang terdiri dari Pendidikan Al-Qur’an/Al-Hadist, Akidah, Akhlak, Ibadah/Mu’amalah, Tarikh; Kemuhammadiyahan; dan Bahasa Arab (ISMUBA). Melalui pendidikan ISMUBA, kepribadian Muhammadiyah dibentuk, dikembangkan dan juga ditanamkan pada diri peserta didik.
Pendidikan Ibadah/Mu’amalah  SMP/MTs Muhammadiyah disusun dengan mengacu pada kuikulum ISMUBA jenjang SMP dan MTs yang dikembangkan Majelis Dikdasmen PWM DIY tahun 2010. Pengembangan kurikulum ini dilakukan dengan mempedomani Standar Isi dan Standar Kompetensi Lulusan pendidikan ISMUBA yang ditetapkan Majelis Dikdasmen Pimpinan Pusat Muhammadiyah dan Standar Isi Pendidikan Agama Islam yang dirumuskan oleh Badan Standarisasi Nasional Pendidikan (BSNP) tahun 2010.
Menyadari betapa pentingnya fungsi mata pelajaran pendidikan Ibadah/Mu’amalah bagi peserta didik maka kami menganalisis buku “Pendidikan Ibadah/Mu’amalah SMP/MTs Muhammadiyah” yang menjadi pegangan guru dalam mengajar. Analisis ini bertujuan agar pendidik mengajar dengan baik. Kami menganalisis dari segi kesesuaian materi dengan tujuan pendidikan nasional dan tujuan institusi, kompetensi dasar, indicator media/metode dan alokasi waktu, kesesuaian materi dengan perkembangan usia dan kematangan pikiran siswa, kesesuaian materi dengan materi sebelum dan setelahnya, analisis isi, cakupan, kesahihan pikiran dan dalil serta redaksi materi.
Hasil analisis berupa kelebihan-kelebihan buku akan dimanfaatkan semaksimal mungkin untuk mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditentukan. Adapun kekurangan-kekurangannya harus diperbaiki dan diperkaya dengan materi-materi Ibadah/Mu’amalah dari sumber lain untuk menghasilkan buku pegangan yang lebih baik ke depannya.




B.     Visi, Misi dan Tujuan Pendidikan Nasional dan Institusi
Visi :

Mewujudkan siswa tertib ibadah, berakhlak mulia,kokoh iman dan taqwa, unggul dalam prestasi, luhur budi pekerti

Misi :

1.      Menanamkan pendidikan Agama Islam lebih banyak melalui jalur pendidikan formal.
2.      Melatih keterampilan kepada murid, Agar murid trampil dalam melaksanakan ibadah dan muamalah maupun Mu’asyaroh.
3.      Mengembangkan proses pembelajaran yang membiasakan siswa untuk semangat dalam ibadah, akhlak pribadi, dan mu’amalah.
4.      Memberikan ilmu pengetahuan kepada Murid, dengan harapan semoga menjadi murid yang cerdas dan mempunyai pengetahuan yang luas baik Agama maupun ilmu umum, serta mempunyai akhlak yang mulia.

Tujuan pendidikan Nasional dan Institusi:

1.      Meletakan dasar kecerdasan, pengetahuan, kepribadian, akhlak mulia serta keterampilan untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut.
2.      Tumbuh, meningkat, dan terbentuknya anak didik menjadi siswa yang beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT, berakhlak mulia, shaleh individual dan sosial.

C.    Identitas  Dan Isi Buku

1.      Mata Pelajaran           : Pendidikan Ibadah
2.      Kelas                          : VII ( Tujuh )
3.      Tingkat                      : Sekolah Menengah Pertama/
 MTs Muhammadiyah
4.      Alokasi Waktu           : 2 kali pertemuan x 45 menit
5.      Semester                    : 2 ( Genap )
6.      Penulis Buku             : Hasanudin Abdullah Mukti, M.A.





 
 Description: C:\Users\HP PC\Pictures\IMG-20151123-00120.jpg






Daftar Isi Buku


BAB
SUB BAB
1
BAB I  BERSUCI DARI NAJIS DAN HADAS
A.    Najis
1.      Pengertian Najis dan Macamnya
2.      Pengertian Hadas dan Macamnya
3.      Cara Bersuci dari Najis dan Hadas
B.   Alat-alat Bersuci dari Najis dan Hadas
1.      Pengertian Alat-alat Bersuci
2.      Macam dan Jenis Air

2
BAB II WUDHU DAN TAYAMMUM
A.    Wudhu
1.      Dalil Wudhu
2.      Tata Cara Wudhu
B.     Tayammum
1.      Dalil Tayammum
2.      Sebab-sebab Diperbolehkan dan Tata Cara Tayammum

3
BAB III MANDI WAJIB
A.    Pengertian dan Sebab-sebab Mandi Wajib
B.     Tata Cara Mandi Wajib
4
BAB IV SHALAT FARDHU
A.    Pengertian dan Dasar Hukum Shalat Fardhu
1.      Pengertian Sholat Fardhu
2.      Dasar Hukum Sholat Fardhu
B. Tata Cara Melaksanakan Sholat Fardhu
1.        Gerakan Sholat
2.        Dzikir dan Do’a Setelah Sholat Fardhu
C. Membiasakan Sholat Fardhu dengan Tertib
1. Hukum Orang yang Meninggalkan Sholat
2. Cara Menertibkan Sholat



5
BAB V SHOLAT BERJAMA’AH DAN MUNFARID
A.    Sholat Berjama’ah
1.      Pengertian dan Hukum Sholat Berjama’ah
2.      Tata Cara Sholat Berjama’ah
3.      Ketentuan dalam Sholat Berjama’ah
4.      Ma’mum Masbuq
B. Sholat Munfarid
1.      Pengertian Sholat Munfarid
2.      Sholat Secara Thuma’ninah dan Khusyu
6
BAB VI SHOLAT JAMA DAN QASHAR
A.    Pengertian Sholat Jama dan Jama Qashar
B.     Ketentuan dalam Sholat Jama dan Jama

7
BAB VII SHOLAT JUM’AT
A.    Pengertian dan Hukum Mendirikan Sholat Jum’at
B.     Ketentuan dalam Sholat Jum’at
1.      Ketentuan Umum Sholat Jum’at
2.      Ketentuan Pelaksanaan Sholat Jum’at
3.      Halangan Sholat Jum’at
4.      Hikmah Sholat Jum’at


8
BAB VIII KHUTBAH JUM’AT
A. Rukun dan Syarat Khutbah Jum’at
B. Isi dan Tata Cara Khutbah Jum’at
9
BAB IX SHOLAT SUNNAH
A. Pengertian dan Kedudukan Sholat Sunnah
B. Beberapa Macam Sholat Sunnah
1.      Sholat Sunnah Rawatib
2.      Sholat Sunnah Duha
3.      Sholat Sunnah Tahajjud
4.      Sunnah Tahiyyatul Masjid
5.      Sholat Dua Hari Raya ( Ied )
6.      Sholat Gerhana Bulan ( Khusuf ) dan Matahari ( Kusuf )
7.      Sholat Istikharah
10
BAB X SUJUD
A. Pengertian dan Macam-macam Sujud
B. Dasar Hukum Sujud
1.      Dasar Hukum Sujud Sahwi
2.      Dasar Hukum Sujud Tilawah
3.      Dasar Hukum Sujud Syukur
C. Tata Cara Sujud
1.      Cara Sujud
2.      Do’a Sujud
3.      Sebab dana Cara Sujud Sahwi, Tilawah dan Syukur

D.    Standar Kompetensi, Kompetensi Dasar, Indikator, Materi, Metode, dan Media
No
Standar kompetensi
Kompetensi Dasar
Indicator
Materi pokok
Metode / Media
Alokasi waktu
1
Memahami Sholat Jum’at
1.1.Memahami ketentuan sholat jum’at

1.2.Memahami dan mempraktikan khutbah jum’at
1.1.1.      Menyebutkan hukum sholat jum’at
1.1.2.      Menyebutkan ketentuan sholat jum’at
1.1.3.      Menyebutkan sunnah-sunnah dalam rangkain sholat jum’at
1.1.4.      Menyebutkan pengertian khutbah jum’at
1.1.5.      Menyebutkan ketentuan-ketentuan khutbah jum’at
1.1.6.   mempraktikan membuat teks khutbah jum’at
1.1.7. Mendemonstrasikan khutbah jum’at
1.      Pengertian sholat jum’at
2.      Rukun dan syarat khotbah jum’at
3.      Syarat-syarat khutbah jum’at
4.      Isi dan Tata cara khutbah jum’at

Ceramah
2 x 4 jam pelajaran

E. Analisis Materi Buku
Analisis materi dilakukan meliputi berbagai segi. Di antaranya: 1) Kesesuaian materi dengan tujuan pendidikan nasional dan institusi (apabila swasta); 2) Kesesuaian materi dengan standar kompetensi, kompetensi dasar, indikator, metode/media dan alokasi waktu; 3) Kesesuaian materi dengan perkembangan usia; 4) Kesesuaian materi dengan materi sebelum dan setelahnya; 5) Analisis isi, cakupan, kesahihan pikiran dan dalil serta radaksional materi; dan 6) Analisis terhadap jenis dan butir Evaluasi .

1.      Kesesuaian Materi dengan Tujuan Pendidikan Nasional dan Tujuan Institusi
Materi yang ada di buku Ibadah/Mu’amalah di SMP/Mts Muhammadiyah sudah memenuhi tujuan pendidikan yang ada. Materi yang disajikan juga sudah memenuhi tujuan pendidikan nasional dan institusi siswa mempunyai akhlak yang mulia dan tertib dalam menjalankan ibadah dalam era globalisasi seperti saat ini.

2.      Kesesuaian Materi dengan Standar Kompetensi, Kompetensi Dasar, Indikator, Metode/Media dan Alokasi Waktu
Standar kompetensi dan kompetensi dasar sudah sesuai / sudah terpisah materi antara semester ganjil dan genap. Media yang digunakan dalam pembelajaran guru masih menggunakan metode lama yaitu metode ceramah yang memebuat siswa merasa bosan dalam KBM. Seharusnya pada era modern sekarang ini guru bisa menggunakan sistem belajar dalam bermain, metode berkelompok yang bisa siswa menerima pelajaran dengan diingat dan diterapkan dengan mudah dan menyenangkan. Alokasi waktu yang digunakan cukup yaitu 2 x 4 jam pelajaran.


3.      Kesesuaian Materi dengan Perkembangan Usia dan Kematangan Pikiran Siswa
Dalam materi tersebut sudah sesuai dalam perkembangan usia dan kematangan pikiran siswa yang beranjak remaja yang bukan anak-anak lagi. Buku ini juga sangat bagus sudah ada kisah teladan yang bisa meningkatkankan cara berfikir siswa untuk meniru dan mencontoh kisah teladan bila perbuatannya baik dan tidak meniru dan mencontoh kisah teladan tersebut dan buku ini juga dilengkapi dengan gambar-gambar tata cara sholat dan wudhu pada bab 2 dan 4 sehingga siswa sangat mudah mempraktikannya dan dilengkapi kamus bahasa indonesia. Setiap Bab juga sudah ada gambaran atau ilustrasi, tetapi ada beberapa Bab yang belum diberi gambaran atau ilustrasi missal. Pada kisah teladan sebaiknya juga diberikan gambaran atau ilustrasi agar bisa memperjelas dan murid bisa berimajinasi lebih.


4.      Kesesuaian Materi dengan Materi Sebelum dan Setelahnya
Dalam buku Pendidikan Ibadah/Mu’amalah SMP/Mts Muhammadiyah kelas 7 tema yang disajikan dari bab 1-10 yaitu, bersuci dari najis dan hadas, wudhu dan tayammum, mandi wajib, sholat fardhu, sholat berjama’ah dan munfarid, sholat jama dan qashor, sholat jum’at, khutbah jum’at, sholat sunnah dan sujud. Menurut kelompok kami urutannya sudah sesuai ( bertahap ).

5.      Analisis Isi, Cakupan, Kesahihan Pikiran dan Dalil serta Redaksional Materi
Dalam buku Pendidikan Ibadah/Mu’amalah SMP/Mts Muhammadiyah dalam keseluruhan penulisan dan kata sudah menggunakan Bahasa yang baik dan benar, tetapi beberapa masih ada yang salah, misal :
BENAR
SALAH
Wudhu
Wudlu
Fardhu
Fardlu
Sholat
Shalat
Dhuha
dluha
Memahami
memhami
Rasulullah SAW
Rasululullah s.a.w.
Kolam
kolah





6. Analisis terhadap Jenis dan Butir Evaluasi
Evaluasi yang dilakukan pada buku Pendidikan Ibadah/Mu’amalah SMP/Mts Muhammadiyah kelas 7, sudah baik dan bagus. Evaluasi yang digunakan sudah ada pilihan ganda, essay, dan refleksi / resume pelajaran yang sudah dipelajari.

E.     Kesimpulan

Dari analisis materi buku yang meliputi : Kesesuaian materi dengan tujuan pendidikan nasional dan institusi (apabila swasta, Kesesuaian materi dengan standar kompetensi, kompetensi dasar, indikator, metode/media dan alokasi waktu, Kesesuaian materi dengan perkembangan usia, Kesesuaian materi dengan materi sebelum dan setelahnya, Analisis isi, cakupan, kesahihan pikiran dan dalil serta radaksional materi, Analisis terhadap jenis dan butir Evaluasi (bila ada), masih ada kekurangan dan kelebihan yang dimiliki buku Pendidikan Ibadah/Mu’amalah SMP/Mts Muhammadiyah kelas 7.

Kelebihan dalam buku ini :
1.      Buku ini dilengkapi dengan kisah teladan yang siswa bisah mencontoh hal-hal yang baik dan menjauhi hal-hal yang buruk dari kisah tersebut
2.      Ayat atau hadits penulisannya sudah baik dan benar
3.      Dalam buku ini juga dilengkapi dengan kamus mini
4.      Buku dilengkapi gambar tata cara sholat dan wudhu




Kekurangan dalam buku ini :
1.      Buku ini belum dilengkapi tafsir dari setiap ayat yang terkandung dalam setiap Bab
2.      Buku ini juga belum dilengkapi arti atau ayat perkata yang bisa memudahkan siswa dalam menghafal

Dalam buku ini evaluasi juga belum mencamtumkan nilai praktek dan hanya mengandalkan nilai kognitif saja.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar