ANALISIS SILABI DAN ISI MATERI
FIQIH
SEKOLAH
MENENGAH PERTAMA/MTs
MUHAMMADIYAH
KELAS
VII SEMESTER GENAP
Disusun Guna Memenuhi Mata Kuliah Analisis Materi Fiqih
Dosen Pengampu : Ghoffar
Ismail, S. Ag., M. A.
Disusun Oleh :
1.
REJCHAN
HANAFI (20130720022)
2.
AHLUN
NAJA (20130720034)
Kelas
A Semester V
Pendidikan
Agama Islam
Fakultas
Agama Islam
Universitas
Muhammadiyah Yogyakarta
A.
Pendahuluan
Pendidikan Ibadah/Mu’amalah merupakan
bagian dari mata pelajaran Pendidikan Al- Islam. Di dalam kurikulum, pendidikan
kepribadian di Sekolah/Madrasah Muhammadiyah dituangkan dalam pendidikan
Al-Islam yang terdiri dari Pendidikan Al-Qur’an/Al-Hadist, Akidah, Akhlak,
Ibadah/Mu’amalah, Tarikh; Kemuhammadiyahan; dan Bahasa Arab (ISMUBA). Melalui
pendidikan ISMUBA, kepribadian Muhammadiyah dibentuk, dikembangkan dan juga
ditanamkan pada diri peserta didik.
Pendidikan Ibadah/Mu’amalah SMP/MTs Muhammadiyah disusun dengan mengacu
pada kuikulum ISMUBA jenjang SMP dan MTs yang dikembangkan Majelis Dikdasmen PWM
DIY tahun 2010. Pengembangan kurikulum ini dilakukan dengan mempedomani Standar
Isi dan Standar Kompetensi Lulusan pendidikan ISMUBA yang ditetapkan Majelis
Dikdasmen Pimpinan Pusat Muhammadiyah dan Standar Isi Pendidikan Agama Islam
yang dirumuskan oleh Badan Standarisasi Nasional Pendidikan (BSNP) tahun 2010.
Menyadari
betapa pentingnya fungsi mata pelajaran pendidikan Ibadah/Mu’amalah bagi peserta didik maka kami
menganalisis buku “Pendidikan Ibadah/Mu’amalah SMP/MTs
Muhammadiyah”
yang menjadi pegangan guru dalam mengajar.
Analisis ini bertujuan agar pendidik mengajar dengan baik. Kami menganalisis
dari segi kesesuaian materi
dengan tujuan pendidikan nasional dan tujuan institusi,
kompetensi dasar, indicator media/metode dan alokasi waktu, kesesuaian materi dengan perkembangan usia dan
kematangan pikiran siswa, kesesuaian materi dengan materi sebelum dan
setelahnya, analisis isi, cakupan, kesahihan pikiran dan dalil serta redaksi
materi.
Hasil
analisis berupa kelebihan-kelebihan buku akan dimanfaatkan semaksimal mungkin
untuk mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditentukan. Adapun
kekurangan-kekurangannya harus diperbaiki dan diperkaya dengan materi-materi Ibadah/Mu’amalah dari sumber lain untuk menghasilkan
buku pegangan yang lebih baik ke depannya.
B.
Visi, Misi dan Tujuan Pendidikan Nasional dan
Institusi
Visi
:
Mewujudkan
siswa tertib ibadah, berakhlak mulia,kokoh iman dan taqwa, unggul dalam
prestasi, luhur budi pekerti
Misi
:
1.
Menanamkan
pendidikan Agama Islam lebih banyak melalui jalur pendidikan formal.
2.
Melatih
keterampilan kepada murid, Agar murid trampil dalam melaksanakan ibadah dan
muamalah maupun Mu’asyaroh.
3.
Mengembangkan
proses pembelajaran yang membiasakan siswa untuk semangat dalam ibadah, akhlak
pribadi, dan mu’amalah.
4.
Memberikan
ilmu pengetahuan kepada Murid, dengan harapan semoga menjadi murid yang cerdas
dan mempunyai pengetahuan yang luas baik Agama maupun ilmu umum, serta
mempunyai akhlak yang mulia.
Tujuan
pendidikan Nasional dan Institusi:
1.
Meletakan
dasar kecerdasan, pengetahuan, kepribadian, akhlak mulia serta keterampilan
untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut.
2.
Tumbuh,
meningkat, dan terbentuknya anak didik menjadi siswa yang beriman dan bertaqwa
kepada Allah SWT, berakhlak mulia, shaleh individual dan sosial.
C.
Identitas Dan
Isi Buku
|
Daftar Isi Buku
BAB
|
SUB BAB
|
|
1
|
BAB I BERSUCI
DARI NAJIS DAN HADAS
|
A.
Najis
1.
Pengertian
Najis dan Macamnya
2.
Pengertian
Hadas dan Macamnya
3.
Cara
Bersuci dari Najis dan Hadas
B.
Alat-alat
Bersuci dari Najis dan Hadas
1.
Pengertian
Alat-alat Bersuci
2.
Macam dan
Jenis Air
|
2
|
BAB II WUDHU DAN TAYAMMUM
|
A.
Wudhu
1.
Dalil
Wudhu
2.
Tata Cara
Wudhu
B.
Tayammum
1.
Dalil
Tayammum
2.
Sebab-sebab
Diperbolehkan dan Tata Cara Tayammum
|
3
|
BAB III MANDI WAJIB
|
A.
Pengertian
dan Sebab-sebab Mandi Wajib
B.
Tata Cara
Mandi Wajib
|
4
|
BAB IV SHALAT FARDHU
|
A.
Pengertian
dan Dasar Hukum Shalat Fardhu
1.
Pengertian
Sholat Fardhu
2.
Dasar
Hukum Sholat Fardhu
B. Tata Cara
Melaksanakan Sholat Fardhu
1.
Gerakan
Sholat
2.
Dzikir
dan Do’a Setelah Sholat Fardhu
C. Membiasakan Sholat Fardhu dengan Tertib
1. Hukum Orang
yang Meninggalkan Sholat
2. Cara
Menertibkan Sholat
|
5
|
BAB V SHOLAT BERJAMA’AH DAN MUNFARID
|
A.
Sholat
Berjama’ah
1.
Pengertian
dan Hukum Sholat Berjama’ah
2.
Tata Cara
Sholat Berjama’ah
3.
Ketentuan
dalam Sholat Berjama’ah
4.
Ma’mum
Masbuq
B. Sholat Munfarid
1.
Pengertian
Sholat Munfarid
2.
Sholat
Secara Thuma’ninah dan Khusyu
|
6
|
BAB VI SHOLAT JAMA DAN QASHAR
|
A.
Pengertian
Sholat Jama dan Jama Qashar
B.
Ketentuan
dalam Sholat Jama dan Jama
|
7
|
BAB VII SHOLAT JUM’AT
|
A.
Pengertian
dan Hukum Mendirikan Sholat Jum’at
B.
Ketentuan
dalam Sholat Jum’at
1.
Ketentuan
Umum Sholat Jum’at
2.
Ketentuan
Pelaksanaan Sholat Jum’at
3.
Halangan
Sholat Jum’at
4.
Hikmah
Sholat Jum’at
|
8
|
BAB VIII KHUTBAH JUM’AT
|
A. Rukun dan Syarat Khutbah Jum’at
B. Isi dan Tata Cara Khutbah Jum’at
|
9
|
BAB IX SHOLAT SUNNAH
|
A. Pengertian dan Kedudukan Sholat Sunnah
B. Beberapa Macam Sholat Sunnah
1.
Sholat
Sunnah Rawatib
2.
Sholat
Sunnah Duha
3.
Sholat
Sunnah Tahajjud
4.
Sunnah
Tahiyyatul Masjid
5.
Sholat
Dua Hari Raya ( Ied )
6.
Sholat
Gerhana Bulan ( Khusuf ) dan Matahari ( Kusuf )
7.
Sholat
Istikharah
|
10
|
BAB X SUJUD
|
A. Pengertian dan Macam-macam Sujud
B. Dasar Hukum Sujud
1.
Dasar
Hukum Sujud Sahwi
2.
Dasar
Hukum Sujud Tilawah
3.
Dasar
Hukum Sujud Syukur
C. Tata Cara Sujud
1.
Cara
Sujud
2.
Do’a
Sujud
3.
Sebab
dana Cara Sujud Sahwi, Tilawah dan Syukur
|
D. Standar Kompetensi, Kompetensi Dasar, Indikator,
Materi, Metode, dan Media
No
|
Standar kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Indicator
|
Materi pokok
|
Metode / Media
|
Alokasi waktu
|
1
|
Memahami Sholat Jum’at
|
1.1.Memahami ketentuan sholat
jum’at
1.2.Memahami dan
mempraktikan khutbah jum’at
|
1.1.1. Menyebutkan
hukum sholat jum’at
1.1.2. Menyebutkan
ketentuan sholat jum’at
1.1.3. Menyebutkan
sunnah-sunnah dalam rangkain sholat jum’at
1.1.4. Menyebutkan
pengertian khutbah jum’at
1.1.5. Menyebutkan
ketentuan-ketentuan khutbah jum’at
1.1.6. mempraktikan membuat teks khutbah jum’at
1.1.7.
Mendemonstrasikan khutbah jum’at
|
1.
Pengertian
sholat jum’at
2.
Rukun dan syarat khotbah jum’at
3.
Syarat-syarat khutbah jum’at
4.
Isi dan Tata cara khutbah jum’at
|
Ceramah
|
2 x 4 jam pelajaran
|
E. Analisis Materi Buku
Analisis
materi dilakukan
meliputi berbagai segi. Di antaranya: 1) Kesesuaian
materi dengan tujuan
pendidikan nasional dan institusi (apabila swasta); 2) Kesesuaian materi dengan standar
kompetensi, kompetensi dasar, indikator, metode/media dan alokasi
waktu; 3) Kesesuaian materi dengan perkembangan usia; 4) Kesesuaian materi
dengan materi sebelum dan setelahnya; 5) Analisis isi, cakupan, kesahihan
pikiran dan dalil serta radaksional materi; dan 6) Analisis terhadap jenis dan
butir Evaluasi .
1. Kesesuaian
Materi
dengan Tujuan
Pendidikan
Nasional dan Tujuan Institusi
Materi yang ada di buku Ibadah/Mu’amalah di SMP/Mts
Muhammadiyah sudah memenuhi tujuan pendidikan yang ada. Materi yang disajikan
juga sudah memenuhi tujuan pendidikan nasional dan institusi siswa mempunyai
akhlak yang mulia dan tertib dalam menjalankan ibadah dalam era globalisasi
seperti saat ini.
2. Kesesuaian Materi dengan Standar
Kompetensi, Kompetensi Dasar, Indikator, Metode/Media dan Alokasi
Waktu
Standar kompetensi dan
kompetensi dasar sudah sesuai / sudah terpisah materi antara semester ganjil
dan genap. Media yang
digunakan dalam pembelajaran guru masih menggunakan metode lama yaitu metode
ceramah yang memebuat siswa merasa bosan dalam KBM. Seharusnya pada era modern
sekarang ini guru bisa menggunakan sistem belajar dalam bermain, metode
berkelompok yang bisa siswa menerima pelajaran dengan diingat dan diterapkan
dengan mudah dan menyenangkan. Alokasi waktu yang digunakan cukup yaitu 2 x 4
jam pelajaran.
3. Kesesuaian Materi dengan Perkembangan Usia dan Kematangan Pikiran Siswa
Dalam
materi tersebut sudah sesuai dalam perkembangan usia dan kematangan pikiran
siswa yang beranjak remaja yang bukan anak-anak lagi. Buku ini juga sangat
bagus sudah ada kisah teladan yang bisa meningkatkankan cara berfikir siswa
untuk meniru dan mencontoh
kisah teladan bila perbuatannya baik dan tidak meniru dan mencontoh kisah
teladan tersebut dan buku ini juga dilengkapi dengan gambar-gambar tata
cara sholat dan wudhu pada bab 2 dan 4 sehingga siswa sangat mudah
mempraktikannya dan dilengkapi kamus bahasa indonesia. Setiap Bab juga sudah ada gambaran atau ilustrasi, tetapi
ada beberapa Bab yang belum diberi gambaran atau ilustrasi missal. Pada kisah teladan
sebaiknya juga diberikan gambaran atau ilustrasi agar bisa memperjelas dan
murid bisa berimajinasi lebih.
4. Kesesuaian Materi dengan Materi Sebelum dan Setelahnya
Dalam
buku Pendidikan Ibadah/Mu’amalah SMP/Mts Muhammadiyah kelas 7 tema yang disajikan dari bab 1-10 yaitu,
bersuci dari najis dan hadas, wudhu dan tayammum, mandi wajib, sholat fardhu,
sholat berjama’ah dan munfarid, sholat jama dan qashor, sholat jum’at, khutbah
jum’at, sholat sunnah dan sujud. Menurut kelompok kami urutannya sudah sesuai (
bertahap ).
5.
Analisis Isi, Cakupan,
Kesahihan Pikiran dan Dalil serta Redaksional Materi
Dalam buku Pendidikan Ibadah/Mu’amalah SMP/Mts
Muhammadiyah dalam keseluruhan penulisan dan kata sudah menggunakan Bahasa yang
baik dan benar, tetapi beberapa masih ada yang salah, misal :
BENAR
|
SALAH
|
Wudhu
|
Wudlu
|
Fardhu
|
Fardlu
|
Sholat
|
Shalat
|
Dhuha
|
dluha
|
Memahami
|
memhami
|
Rasulullah
SAW
|
Rasululullah
s.a.w.
|
Kolam
|
kolah
|
6. Analisis terhadap Jenis
dan Butir Evaluasi
Evaluasi yang
dilakukan pada buku Pendidikan Ibadah/Mu’amalah SMP/Mts Muhammadiyah kelas 7,
sudah baik dan bagus. Evaluasi yang digunakan sudah ada pilihan ganda, essay,
dan refleksi / resume pelajaran yang sudah dipelajari.
E.
Kesimpulan
Dari
analisis materi buku yang meliputi : Kesesuaian materi dengan tujuan
pendidikan nasional dan institusi (apabila swasta, Kesesuaian materi dengan standar kompetensi, kompetensi
dasar, indikator, metode/media dan alokasi waktu, Kesesuaian materi dengan perkembangan usia, Kesesuaian
materi dengan materi sebelum dan setelahnya, Analisis isi, cakupan, kesahihan pikiran dan dalil serta
radaksional materi,
Analisis
terhadap jenis dan butir Evaluasi (bila ada), masih ada kekurangan dan kelebihan yang dimiliki buku
Pendidikan Ibadah/Mu’amalah SMP/Mts Muhammadiyah kelas 7.
Kelebihan
dalam buku ini :
1. Buku ini dilengkapi dengan kisah
teladan yang siswa bisah mencontoh hal-hal yang baik dan menjauhi hal-hal yang
buruk dari kisah tersebut
2. Ayat atau hadits penulisannya sudah
baik dan benar
3. Dalam buku ini juga dilengkapi
dengan kamus mini
4. Buku dilengkapi
gambar tata cara sholat dan wudhu
Kekurangan dalam buku ini :
1. Buku ini belum dilengkapi tafsir
dari setiap ayat yang terkandung dalam setiap Bab
2. Buku ini juga belum dilengkapi arti
atau ayat perkata yang bisa memudahkan siswa dalam menghafal
Dalam
buku ini evaluasi juga belum mencamtumkan nilai praktek dan hanya mengandalkan
nilai kognitif saja.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar